Menghasilkan suasana pembelajaran yg tidak membosankan adalah impian bagi semua guru. Salah satu cara yang dapat menghasilkan aktivitas belajar mengajar menarik artinya dengan memaksimalkan media belajar.
Media belajar mempunyai beberapa jenis. Di antaranya ialah ppt interaktif, video animasi, hingga kuis interaktif. Menggunakan adanya media tadi diharapkan bisa membentuk suasana belajar mengajar tidak terus-menerus. Tidak hanya itu, transfer ilmu yg dilakukan menjadi lebih efektif serta maksimal .
Salah satu aplikasi pemrograman yang mungkin bisa digunakan adalah scratch. Scratch dipersembahkan spesifik untuk memudahkan pengajar pada pembuatan media pembelajaran. Media belajar yang didapatkan scratch cocok diimplementasikan di pelajar berumur 8-16 tahun.
Apa itu scratch?
Scratch adalah salah satu bahasa pemrograman visual yang menyenangkan serta praktis buat digunakan. Dia digunakan buat membentuk video animasi, kuis, permainan, cerita, sampai mendukung presentasi. Scratch biasa digunakan menjadi wahana pembuatan media belajar yang interaktif dan menarik. Mata pelajaran yg dapat didukung oleh perangkat lunak ini diantaranya ialah bahasa, musik, seni, sampai matematika.
Meskipun kedengarannya sulit, scratch sangat praktis digunakan tanpa harus menguasai bahasa pemrograman kelas tinggi. Pengguna hanya perlu melakukan drag atau pemindahan beberapa blok kode yang telah disediakan dalam aplikasi. Blok-blok tersebut disusun sesuai kebutuhan buat dijalankan menjadi program.
Cara mengunduh serta menjalankan scratch
Software scratch bisa dijalankan melalui 2 cara, ialah secara online dan offline. Secara online beliau dapat diakses melalui situs resminya ialah pada https://scratch.mit.edu.
Sementara itu, pengguna bisa menjalankan scratch offline dengan mengunduhnya terlebih dahulu. Tetapi, ada perangkat lunak tambahan yang juga harus diunduh bersamaan menggunakan software utamanya. Software tambahan itu bernama adobe air.
Berikut adalah tautan buat mengunduh kedua perangkat lunak tersebut:
2. Adobe air
Lalu Untuk menjalankannya, versi offline bisa dipergunakan tanpa koneksi internet. Kemudian, ia bisa diakses kapan pun serta dimana pun. Sementara itu, versi website wajib terhubung menggunakan koneksi internet yang lancar.
Fitur-fitur scratch serta manfaatnya
Kemudian apa saja fitur-fitur yang tersedia serta bisa menghasilkan media pembelajaran menarik? Berikut merupakan beberapa fitur yg terdapat di pada scratch bersama manfaatnya masing-masing.
1. Fitur sprite
Sprite artinya objek yang digunakan untuk mendukung tampilan produk yang dihasilkan. Gambar default yang tersedia dalam aplikasi scratch bergambar kucing. Namun, dia dapat diganti menggunakan pilihan objek lain yang tersedia. Anda juga bisa menambahkan gambar lain dar5i luar perangkat lunak menggunakan cara mengimpornya. Caranya menggunakan menekan menu ‘upload sprite from files’.
2. Canvas
Fitur selanjutnya artinya canvas. Seperti namanya, fitur ini dipergunakan menjadi media buat menampilkan objek dan blok-blok yg telah disusun. Pada dalamnya ada tombol merah untuk menghentikan acara serta hijau buat menjalankannya.
3. Backdrop and stage
Backdrop adalah fitur yang dipergunakan buat mengganti tampilan latar belakang. Latar belakang dasar putih bisa diganti dengan gambar lainnya menggunakan menekan menu ‘new backdrop’. Bila ingin memakai gambar di luar software scratch, pilih hidangan ‘upload backdrop from files’.
Sementara itu, stage dapat dipergunakan buat mengatur blok-blok perintah. Tetapi, hal tadi bukan berlaku di motion.
4. Script
Script artinya gugusan blok perintah yang dipergunakan untuk membantu pemrograman. Berikut merupakan beberapa blok script bersama fungsinya:
Motion/Gerakan blocks : menggerakkan sprite, mirip perintah ‘move 10 step’. Perintah tadi menggerakan sprite sebesar 10 langkah.
Looks/Tampilan blocks : digunakan di segala sesuatu yang berhubungan menggunakan tampilan di acara.
Sound/Suara blocks : memberikan bunyi di sprite serta stage.
Event/Kejadian blocks : fungsinya buat men-trigger script. Pada dalamnya ada perintah ‘when green flag clicked’ yg artinya ketika bendera hijau di canvas pada-klik, seluruh script pada dalamnya akan dihukum.
Control/Kontrol blocks : digunakan untuk mengontrol script.
Sensing/Sensor blocks : dipergunakan buat mendeteksi objek.
Operators/Operator blocks : dipergunakan buat menjalankan operasi matematika.
Variable/blocks : menyimpan data di acara menggunakan variabel.
Sekarang Anda telah sampai di akhir pembahasan. Tentunya Anda sudah tahu apa itu scratch bersama fitur-fitur pada dalamnya. Bila Anda ingin membuat media pembelajaran yang menarik, scratch dapat dipilih menjadi wahana pembuatannya. Hal tadi dikarenakan aplikasi ini sangat mudah dipergunakan tanpa harus tahu bahasa pemrograman yang sulit.
Post a Comment